0

Taylor Swift  Biografi

Penulis lagu, Penyanyi (1989-)


Penyanyi-penulis lagu Taylor Swift adalah salah satu artis rekaman musik country papan atas, setelah beralih ke pop dan memenangkan banyak penghargaan.

Ringkasan
Lahir pada tanggal 13 Desember 1989, di Reading, Pennsylvania, keluarga Taylor Swift pindah ke dekat Wyomissing di mana ia mulai menyusun lagu pada usia 5, dan pada usia 16, merilis album debutnya. Hits seperti "Love Story" dan "You Belong Dengan Me" mengimbau negara dan pop fans dan membantu bahan bakar kesuksesan multiplatinum album nya, dengan Fearless 2009 top-seller. Dia telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk beberapa Grammy Awards, dan model untuk Cover Girl.
 


Kehidupan awal dan karir
Taylor Alison Swift lahir pada tanggal 13 Desember 1989, di Reading, Pennsylvania. Swift menghabiskan tahun-tahun awal Natal peternakan pohon keluarganya di dekatnya Wyomissing. Neneknya pernah menjadi penyanyi opera profesional, dan Swift segera mengikuti jejak dirinya. Pada usia 10, Swift bernyanyi di berbagai acara lokal, termasuk pameran dan kontes. Dia menyanyikan "The Star-Spangled Banner" di pertandingan Philadelphia 76ers pada usia 11, dan mulai menulis lagu sendiri dan belajar gitar pada usia 12 tahun.
Untuk mengejar karir musiknya, Swift sering dikunjungi Nashville, Tennessee, ibukota musik country. Di sana ia ikut menulis lagu, dan mencoba untuk mendarat kontrak rekaman. Memperhatikan dedikasi, Swift dan keluarganya pindah ke dekat Hendersonville, Tennessee, dalam upaya untuk memajukan karir Swift.

Country crooner
Sebuah kinerja bintang di The Bluebird Café di Nashville membantu Swift mendapatkan kontrak dengan Scott Borchetta ini Machine Big Records. Dia merilis single pertamanya, "Tim McGraw," pada tahun 2006, dan lagu menjadi Top 10 hit di tangga lagu negeri. Hal ini juga muncul di album debut self-titled-nya pada bulan Oktober tahun yang sama, menjual lebih dari 2,5 juta kopi.Single populer segera diikuti, termasuk "Our Song," No 1 musik country hit."Teardrops on My Guitar", "Picture to Burn" dan "Should've Said No" juga trek sukses.
Selain sukses secara komersial, Swift menerima banyak pujian kritis untuk usaha debutnya. Dia memenangkan Horizon Award dari Asosiasi Musik Country (CMA) dan Akademi Musik Country Award untuk Top New Vokalis Wanita pada tahun 2007. Swift merilis berikutnya Suara Musim: The Taylor Swift Holiday Collection pada tahun 2007. penafsiran nya dari "Silent Night "dan" Santa Baby "yang hits sederhana di tangga lagu negeri.
Pop Stardom
Pada tahun 2008, Swift dinominasikan untuk Grammy Award dalam kategori Best New Artist, dan memenangkan Academy of Country Music "Perempuan Vokalis of the Year" Award, American Music Awards "Favorite Female Negara Artist" penghargaan, dan American Association Music "Horizon" penghargaan.Sekitar waktu yang sama, Swift merilis album berikutnya, Fearless (2008), yang mencapai puncak tangga lagu kedua negara dan pop dan tinggal di sana selama 11 minggu. Pada akhir tahun, Swift telah menjadi penjualan tertinggi negara artis tahun 2008.

2009 Video Music Awards
Pada tahun 2009, Swift terjaring beberapa penghargaan untuk karyanya tentang Fearless, termasuk "Video of the Year" dan "Female Video of the Year" untuk "Love Story" di CMT Music Awards. Pada tanggal 13 September 2009, Swift juga memenangkan MTV Video Music Award untuk "Best Female Video," membuatnya pertama bintang musik country yang memenangkan MTV Video Music Award. Kemenangan itu memicu kontroversi ketika rapper Kanye West melompat ke panggung selama pidato Swift, mengambil mikrofon, dan menyatakan bahwa penyanyi R & B Beyonce seharusnya memenangkan penghargaan Swift.
Swift tertegun tidak mampu membuat pidato penerimaan, dan Barat telah dihapus dari pertunjukan. Ketika Beyonce menerima penghargaan dia untuk "Video Terbaik Tahun Ini" kemudian di acara itu, dia menelepon Swift ke panggung untuk menyelesaikan pidatonya. Barat kemudian meminta maaf kepada Swift pribadi, dan membuat permintaan maaf publik di The Jay LenoShow.

Sukses komersial
Perhatian dari acara penghargaan membuat Swift komoditas bahkan lebih panas. Tiket konser mulai menjual keluar dalam waktu kurang dari dua menit, dan dia juga membuat penampilan kedua di acara komedi Saturday NightLive, saat ini baik sebagai tuan rumah dan tamu musik. Selain itu, dia menjadi artis termuda yang memenangkan Grammy Award untuk Album of the Year pada tahun 2010 untuk Fearless.
Pada tahun 2010, ia merilis album Speak Now, yang menampilkan lagu-lagu hit "Mean," "Kita" dan "Sparks Fly." Album ini sukses, memulai debutnya di No 1 di Billboard 200 chart, menjual lebih dari satu juta kopi dalam minggu pertama. Dia mengikuti bahwa album dengan Red (2012), menampilkan hit single "Kami Apakah Tidak pernah Mendapatkan Kembali Bersama" dan juga menjual lebih dari satu juta kopi dalam minggu pertama. Dengan album kelimanya 1989, Swift menjadi wanita pertama dalam sejarah untuk merilis tiga album yang terjual lebih dari satu juta kopi dalam minggu pembukaan mereka.
Dia menduduki peringkat No 1 sebagai Forbes tertinggi selebriti majalah dibayar di bawah 30 tahun 2012, mengalahkan Justin Bieber, Rihanna dan Lady Gaga dengan gaji $ 57.000.000. Dia juga telah disadap untuk empat nominasi CMA di 2009- "Vokalis Wanita," "Music Video of the Year," "Best Album" dan "Entertainer of the Year" -serta enam nominasi American Music Award.
Tahun berikutnya, Swift berbagi beberapa hartanya untuk membantu orang lain. Dia mendanai $ 4.000.000 Taylor Swift Education Center di Music Hall of Fame Negara di Nashville. Fasilitas ini memiliki tiga ruang kelas, laboratorium pembelajaran dan ruang yang didedikasikan untuk pameran untuk anak-anak.Dalam sebuah wawancara dengan CMT Hot 20 Countdown, dia menjelaskan bahwa "pendidikan musik benar-benar bagian penting dari hidup saya. Hidup saya berubah jadi benar ketika saya menemukan menulis lagu sendiri dan bermain gitar, dan yang tidak dapat tentu semua diajarkan Anda di sekolah karena tidak ada cukup waktu dalam sehari. "
Juga pada tahun 2013, Swift dihormati dengan CMA Pinnacle Award untuk prestasinya sebagai pemain musik country dan untuk "dampak positif" nya pada musik country, menurut situs CMA. Dia mengambil penghargaan ini, bersama dengan dua kemenangan lainnya untuk kolaborasinya dengan Tim McGraw dan Keith Urban, pada upacara CMA Awards digelar pada bulan November. Kemenangan beruntun Swift terus di American Music Awards.Untuk tahun ketiga berturut-turut, dia mengambil AMA Award untuk artis tahun. Swift juga membawa pulang penghargaan tertinggi untuk album negara tahun dan artis wanita favorit di kedua negara dan kategori pop / rock.
Dengan usaha berikutnya, Swift tampaknya melangkah lebih jauh dari akar musik negaranya. Dia merilis 1989, pop-terdengar rekaman nya paling sampai saat ini, pada bulan Oktober 2014. "Shake It Off" terbukti menjadi salah satu trek catchiest tahun, mencapai puncak tangga lagu pop. Swift terus bermain dengan persona publik dengan lagu "Bad Blood," yang menampilkan Kendrick Lamar. Dalam video untuk lagu, yang memulai debutnya pada 2015 Billboard Music Awards, ia muncul sebagai sulit, karakter kejam yang disebut "Bencana" dalam aksi noir ini singkat. Swift merekrut sejumlah nama top untuk muncul dalam video, termasuk Karlie Kloss, Cindy Crawford dan Lena Dunham.

Hubungan romantis
Selama lebih dari tahun 2008, laporan beredar bahwa Swift berpacaran Joe Jonas dari grup musik populer The Jonas Brothers. Baik Swift maupun Jonas pernah mengakui hubungan. "Dia pria yang luar biasa, dan siapa pun akan beruntung untuk berkencan dengannya," kata Swift di 2008 MTV Video Music Awards. Apapun hubungan mereka, tampaknya berubah masam pada saatFearless dirilis. Lagu, "Forever & Always," dilaporkan tentang Jonas.
Swift kemudian hubungan romantis dengan aktor Taylor Lautner, salah satu bintang yang sukses Twilight saga. Pasangan ini dikabarkan bertemu saat syuting Swift besar layar debutnya Hari Valentine, yang memukul bioskop pada bulan Februari 2010. Sayangnya, pasangan ini tidak membuatnya cukup lama untuk melihat premier sebagai pasangan, setelah rusak pada akhir tahun 2009. Swift kemudian penyanyi tanggal John Mayer untuk jangka waktu singkat, yang berakhir pada istilah buruk ketika dia menulis kirim-semua lagu berjudul "Dear John" tentang casanova itu. 
Dari sana, Swift hubungan romantis dengan Glee bintang Cory Monteith dan Jake Gyllenhaal pada tahun 2010, dan Conor Kennedy-anak Robert F. Kennedy, Jr.-pada tahun 2012. Dia menemukan dirinya kencan selebriti lain di ekor-akhir 2012, membawa di tahun baru dengan One Direction Harry Styles. Baru-baru ini, Swift telah melihat Calvin Harris, seorang produser musik, DJ dan penyanyi. 

 

Posting Komentar Blogger

 
Top